Monday, April 28, 2008

UN, Finally Done...

Gila, akhirnya UN yang "menakutkan" itu berakhir juga. Gue ngeri banget nie... Takut gak lulus...

Hari pertama (Selasa, 22/04/08) kan Bahasa Indonesia. Pelajaran itu emang sering dianggap remeh sama sebagian besar siswa di Indonesia. Mereka pikir; secara bahasa gue sehari-hari, pasti gue bisa. Tapi kenyataannya? Banyak yang gak lulus di pelajaran ini. Bahasa Indonesia susah juga sih, menurut gue. Butuh logika untuk ngerjainnya. Kadang apa yang gue pikir paling bener di option jawaban, eh gak taunya salah. Gak pasti. Tapi alhamdulillah kemaren gue bisa...

Hari kedua, the king of the study, "MATH" a.k.a Matematika. Pelajaran yang paling ditakutin hampir semua siswa yang ikut UN (termasuk gue). Meskipun soalnya gak sebanyak Bhs.Inggris & Bhs.Indonesia, tapi tetep aja tingkat kesulitannya paling gede. Kemaren aja, dari 40 soal yang dikasih gue cuma bisa ngerjain setengahnya kali. Sisanya gue pake feeling. Makanya gue takut gak lulus di pelajaran ini. (Ya Allah, mudah-mudahan saya lulus. Amien...).

Hari terakhir, Bahasa Inggris. Hari ini gue pengen bantu nilai MTK gue yang pasti gak bagus. Biar balance, paling enggak gue harus dapet nilai diatas 7. Di hari ini juga nie, sekolah gue heboh sama yang namanya kunci jawaban a.k.a bocoran. Gak tau deh, sumbernya darimana. Yang gue tau sih penyebarannya lewat sms. Bayangin aja deh, siswa yang notabene males, suka telat, atau bahkan jarang masuk, dateng lebih dulu dari gue. Ya aneh aja kan?

Untuk antisipasi, gue ikutan kan, salin. Tapi pas gue ngerjain soalnya, gue gak terpatok sama kunci jawaban itu. Gue ngerjain semua sampe selesai (gak sampe selesai sih, paling masih ada 2 atau 3 lagi yang kosong), baru gue cocokin sama bocoran tadi. KAMPRET!!!!! Hampir 95% jawaban di bocoran itu sama kayak jawaban gue yang ada di LJK. Paten amat, nieh bocoran... Berarti masih ada pihak-pihak yang ngebocorin soal UN (yang jelas bukan dari sekolah gue).

Untungnya gue pilih SMK, jadi cuma 4 pelajaran yang gue ikutin. Untungnya lagi, UN Teori Produktif gue udah selesai 1 bulan yang lalu. Kasihan juga ya, anak-anak SMA. Harus bergulat dengan 6 pelajaran yang di-UN-kan.

Gue juga gak begitu setuju sih, sama sistem pendidikan sekarang. Masa siswanya yang udah belajar capek-capek selama 3 tahun (actually, gue 2 tahun) tapi nasib kelulusan mereka hanya pada 8 jam atau 12 jam UN! Gak reasonable aja! Jadi hasil 3 tahun itu kemana?

No comments:

Post a Comment