Monday, April 28, 2008

Gak Lagi-lagi Gue Ikut TOEIC

Emang gak salah, kalo ada orang yang bete kalo disuruh ikut test-test gitu. Udah nguras otak, pusingin kepala, bikin stres pula! Sama kayak UN, SPMB, atau test-test lain semacem itu lah. Gue juga baru ikut satu test yang gue sendiri baru ngikutin itu test. Namanya TOEIC. Test Of English for International Communication. Isinya ya pasti bahasa Inggris, masa bahasa Jawa.

Emang sih, test itu keren. Diadain di hampir semua negara di dunia, sebagai tolak ukur, seberapa mahir kemampuan bahasa Inggris seseorang. Soalnya sama. Sama susahnya, maksud gue....

Gue dateng dengan yakin ke sekolah kan, secara sekolah gue yang ngadain. Gue dateng jam 7, kayak biasa. Panitia sih bilangnya test dimulai jam 8. Tapi ya Indonesia, gak ada yang ngehargain waktu. Ngaret abis! Gak tanggung-tanggung lho, ngaretnya sampe 2 jam! Al hasil gue baru ngerjain soal-soal itu jam 10.

Soalnya bikin gue tobat. 200, coba bayangin? Gue harus ngerjain 200 soal (100 listening, 100 reading) dalam waktu 2 jam. 45 menit untuk dengerin soal listening, dan sisanya untuk reading. Wajar dong, kalo saat gue ngedengirin soal listening, gue gak langsung ngebuletin jawabannya, pasti gue tandain dulu, buletinnya nanti pas soalnya udah abis.


Nah, pas soal listening abis, gue gak mau buang waktu, gue langsung isi soal reading. Abis itu, kan gue mulai ngebuletin semua jawaban gue itu kan. Tapi coba bayangin. Sisa waktu tinggal 20 menit lagi, dan gue harus NGEBULETIN SEMUA JAWABAN GUE yang sama sekali belom dibuletin. Satu nomer aja butuh waktu kira-kira 10 detik untuk ngebuletin sampe sempurna. Kalo iya, kecepatan gue stabil segitu (10 dtk/1 nomer) berarti gue butuh waktu 33 menit buat ngebuletin semuanya. Kurang banyak dong? Kalo speed gue berkurang karena capek, tambah kurang lagi dong waktunya?

Al hasil pas bel bunyi, masih banyak jawaban gue yang belom keisi. Pengawasnya juga nyeselin, lagi! Seenggaknya kasih waktu kek, cuma buat ngebuletin doang. Tapi gak dikasih. Gue nekat aja lah, kasih LJK gue yang masih banyak yang kosong, dan temen-temen gue udah di luar semua. Eh malah gak diterima. LJK gue dibuang, dia bilang gue telat. Gue coba kasih lagi, eh dia tetap gak mau nerima. Yaudah, daripada gue gak dapet sertifikat, mending gue lari aja ke kantor guru, ngadu sama guru bahasa Inggris gue, yang sekaligus jadi ketua panitia, kalo LJK gue gak diterima. Disana gue dikasih kesempatan ngebuletin jawaban gue sampe selesai. Meskipun dapet kesempatan itu, gue gak make maksimal. Gue gak ngebuletin sempurna hampir 20 jawaban soalnya tangan gue PEGEL BANGET!!!!

Sial itu test. Ya... mudah-mudahan nilai gue bagus, deh! Amien.....

No comments:

Post a Comment