Sunday, February 1, 2009

Rokok = Gak Keren Lagi !!

Emang gak semua perokok itu gak tau diri. Mereka masih bisa ngehargain orang-orang yang gak ngerokok. Tapi selama pengamatan gw, perokok yang tau diri itu sedikit. Langka banget! Sangking langkanya harus dilestarikan dan dijaga keutuhan bathinnya.

Yang gw maksud perokok gak tau diri itu, orang yang ngerokok sembarangan di depan umum, dan ngerasa "bodo amat" sama keadaan sekitarnya. Apalagi bapak-bapak. Biasanya rokok para bapak-bapak itu baunya nyengat banget, sumpah deh. Mereka gak sadar apa pura-pura gak sadar yah?

Gw pernah naek angkot gitu, ada bapak-bapak yang ngerokok. Di depannya itu ada ibu-ibu berkerudung, dan di sebelah ibu itu tempat gw duduk. Pas bapak-bapak itu naek, gw udah ngeliat dia lagi ngisep rokok dan gw juga tau kalo dia gak bakal duduk jauh dari gw, makanya gw langsung reflek buka jendela. Yah... dia masih gak ngerasa. Gak apa-apalah, gw udah dapet oksigen yang gw butuhin dari jendela itu meskipun gak sedikit asep rokok si bapak itu yang masuk ke idung gw. Reaksi ibu-ibu berkerudung itu lebih nyata. Dia jelas-jelas nutup idungnya pake kerudung yang dia pake. Tapi anehnya, itu bapak-bapak kumisan gak sadar apa yang dia perbuat. Dia udah bikin polusi udara, nyebarin penyakit, dan ngerugiin orang banget.

Emang sih, itu hak orang. Kita gak berhak ngelarang orang untuk ngerokok. Tapi kalo dengan mereka ngerokok itu ngenganggu hak orang lainnya untuk napas dengan tenang, gak bisa dibiarin dong? Kalo mereka mau sakit dengan ngisep semua asep racun itu, isep aja sendiri! Gak usah bikin orang laen sakit juga dengan cara ngerokok di tempat umum!

Banyak perokok yang berpikiran, "Kenapa rokok juga dibilang polusi udara? Padahal asep rokok kan gak setebal dan sepekat asep kendaraan bermotor!". Haha, dasar! Kalo kalian ngerokok di tempat dimana tempat itu ngebolehin orang untuk ngerokok dan gak ngeganggu orang, silahkan aja! Tapi JANGAN GANGGU HAK ORANG UNTUK BERNAFAS DENGAN TENANG!!

No comments:

Post a Comment